Cara Mengobati Penyakit Berak Kapur Pada Ayam / Pullorum

Cara Mengobati Penyakit Ayam Berak Kapur, Berak kapur atau pullorum merupakan salah satu penyakit menular yang sering terjadi pada ayam aduan, penyakit seperti ini kebanyakan disebut dengan nama berak putih / pullorum / bacilary white diarhrhea,.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang akan mengakibatkan angka kematian tinggi pada ayam yang berumur 1 sampai 10 hari,. Penyakit berak kapur bukan hanya ayam saja yang diserang, melainkan unggal lainnya seperti puyuh, burung, kalkun, angsa dan lainnya,.

Penyakti seperti ini dapat disebabkan oleh bakteri samonella pullorum dan bakteri gram negatif yang dapat bertahan hidup lebih dari 1 tahun didalam tanah,. Lalu apakah penyakit ini dapat disembuhkan atau di obati?

Tentun saja penyakit ini dapat disembuhkan, karena tidak ada penyakit yang tidak bisa di sembuhkan oleh ahli dari para ahlinya 🤣🤣🤣,. Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas kepada kamu semua tentang cara cara mengobati penyakit berak kapur pada ayam aduan, bagi kamu yang belum tahu cara caranya maka silahkan kamu simak ulasan yang kami berikan ini dengan baik baik,.

SABUNG AYAM ONLINE

Pencegahan Berak Kapur

Dalam pencegahan untuk mengantisipasi terhadap penyakit berak kapur yang menyerang pada ayam bisa dilakukan dengan yaitu :

* Cara membersihkan kandang
* peralatan
* Membersihkan sisa makanan dalam kandang
* Dengan melakukan sanitasi kandang
* Dalam pembersihan sebaiknya menggunakan antiseptic untuk membantu mengurangi bakteri atau * jamur yang menempel dalam kandang.

Selain itu juga dapat melakukan dengan pemberian pakan yang bergizi dan melakukan penyuntikan antibiotic dengan baik, hal ini untuk dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh ayam dari berbagai serangan macam penyakit,.

Cara Pengobatan Ayam Berak Kapur

Dalam pengobatan bisa dilakukan dengn menyuntikan antibiotik misalnya coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas, sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan,. Biasanya untuk penyuntikan ini bisa dilakukan dibagian sayap, bila ayam sudah kritis sebaiknya lakukan pemusnahan hal ini bertujuan untuk memutuskan siklus bakteri yang dapat menyebabkan berak kapur kembali,.

Untuk pemusnahan sebaiknya dilakukan penimbunan jauh dari kandang maupun ayam yang lainnya, hal ini untuk menghindari kontaminasi bakteri yang ada di dalam Ayam Aduan Super yang terkena penyakit tersebut,. nah munking cukup sampai disini dulu ulasan yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini,.

Semoga dengan adanya ulasan singkat yang admin sampaikan pada saat ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu semua seluruh para pecinta ayam aduan di Indonesia,. Terimah kasih dan sampai berjumpa lagi bersama kami pada artikel kami selanjutnya,.

[IKLAN]
Agen Resmi S128

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *